Senin, 02 November 2015

PEMBUATAN RANCANGAN AGROFORESTRY DAN DAM PENAHAN



Laporan Diklat Pembuatan Rancangan Agroforestry
Buat, 15 – 29 Oktober 2015

Diklat pembuatan rancangan Agroforestry diselenggarakan dalam rangka mendukung pengelolaan sumber daya hutan secara lestari dan berkesinambungan dengan
melibatkan masyarakat dan kelompok tani sebagai pelaksana dan aparat pemerintah sebagai pengawas dan Pembina teknis.
            Agroforestry pada dasarnya adalah pengelolaan lahan yang pada prinsipnya mengkombinasikan tanaman pepohonan dan tanaman semusim/tanaman pertanian untuk meningkatkan produktifitas lahan. Melalui kegiatan ini, diharapkan kebutuhan petani seperti palawija, umbi-umbian, pakan ternak dan kayu dapat terpenuhi.
Tujuan
Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam membuat rancangan agroforestry sehingga dapat memanfaatkan, menerapkan dan membimbing petani-petani/kelompok tani dalam menyusun rancangan agroforestry.
 

Output yang dihasilkan dari kegiatan diklat agroforestry ini adalah disusunnya rancangan agroforesrty (terlampir) berikut contoh pola tanam tanaman agroforestry dan perhitungan kebutuhan bahan dan tenaga dalam kegiatan rancangan agroforestry yang sudah sesuai dengan standar harga pasaran di wilayah regional nusa tenggara timur.
Dalam pembuatan rancangan agroforestry hal lain yang perlu diperhatikan perancangan bangunan konservasi tanah, ini dilakukan pada lahan agroforestry atau lahan disekitar lokasi agroforestry yang memiliki kelerangan lebih dari 150, hal ini dilakukan untuk meminimalisir erosi tanah pada lahan yang memiliki kelerengan cukup curam.
Pembuatan teknik konservasi tanah juga dilakukan pada lahan yang rawan yang rawan erosi tanah, salah satu contoh teknik konservasi tanah adalah pembuatan dam penahan. Dam penahan ini tidak semata-mata berfungsi sebagai penampung air/bendungan akan tetapi lebih kepada fungsi penahan lumpur hasil sedimentasi sehingga tidak terjadi pendangkalan pada wilayah hilir. Contoh rancangan pembuatan dam penahan terlampir dalam dokumen ini.
Demikian hasil kegiatan diklat pembuatan rancangan agroforestry selama kurang lebih 14 hari, semoga dapat menjadi bahan pembelajaran untuk kita semua.



Soe, 31 Oktober 2015

Ferdinand Makonda, S.Hut

1 komentar:

  1. Saya akan mencadangkan sesiapa yang mencari Pinjaman Perniagaan untuk Le_Meridian mereka membantu saya dengan pinjaman Empat Juta USD untuk memulakan perniagaan Quilting saya dan ia adalah pantas Apabila mendapatkan pinjaman dari mereka itu mengejutkan betapa mudahnya mereka bekerja. Mereka boleh membiayai sehingga $ 500,000.000.00 (Lima Hundred Million Dolar) di mana-mana rantau di dunia selagi ada 1.9% ROI boleh dijamin pada projek-projek.Prosesnya cepat dan terjamin. Ia pastinya pengalaman yang positif.Buat penipu di sini dan hubungi Perkhidmatan Pembiayaan Le_Meridian. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. jika anda mencari pinjaman perniagaan.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda pada kolom dibawah ini :)